Kamis, 06 Januari 2011

Simple is The Beginning

Suatu ketika seorang teman bercerita kepada saya. Wajahnya tampak murung dan memikirkan sesuatu. Dia bertanya : " Apa kamu pernah berpikir untuk hidup dengan cara yang baik dan sederhana ? "
Saya tersenyum memandanginya, tanpa tahu maksudnya bertanya.

Kadangkala, hal-hal seperti itu sering terlintas di benak kita. Seakan masih meraba-raba dalam hidup. Hidup baiknya memang dijalani dengan cara yang sederhana. Tapi bukan berarti menganggap hidup ini adalah hal yang sederhana. Kenapa ? Karena ketika kita beranggapan hidup adalah hal yang sederhana, maka kita akan menutup sebagian harapan-harapan hidup yang telah tersedia. Karena kita menganggap sepele apa yang ada disekitar kita serta menjalaninya dengan datar.
Bagaimana hidup dengan cara yang sederhana ?
  • Bersyukurlah dengan segala sesuatu yang telah dimiliki : ini adalah salah satu sumber motivasi bagi kehidupan kita. Semua yang telah diberikanNya tidaklah sia-sia. Manfaatkanlah semua itu dengan sebaik mungkin dengan senantiasa berterima kasih atas anugerahNya di setiap helai nafas yang kita hirup dan untuk tiap aliran darah yang menghidupi.
  • Berbagi dengan sesama : hidup bukanlah untuk diri sendiri, hidup butuh orang lain untuk saling memahami. Ketika kita bisa sedikit memberikan apa yang kita miliki, hidup menjadi lebih berarti untuk dijalani. Pada akhirnya kita mengerti arti kita berada disini hari ini.
  • Jangan selalu melihat keatas untuk hal-hal yang bersifat tidak abadi : seringkali kita membandingkan apa yang kita miliki dengan yang orang lain miliki seperti harta kekayaan, kecantikan, dan hal-hal yang bersifat duniawi lainnya. Apakah kita sadar bahwa secara tidak langsung hal itu menyiksa diri sendiri ?? Tidak ada yang sebaik menjadi diri sendiri serta menunjukkan kelebihan yang ada.
  • Jauhi hal-hal yang tidak berguna : kebiasaan-kebiasaan yang bersifat merugikan lebih baik dihindari sejak dini. Pemikiran dewasa adalah mereka yang bisa membedakan baik dan buruk serta yang bermanfaat dan merugikan. Maka bijaksanalah dalam memilih.
  • Sayangi orang-orang yang menyayangi kita : Tiada yang lebih indah dibandingkan rasa kasih sayang. Mereka yang disayangi adalah energi bagi penghidupan, berupa motorik bagi kemajuan diri.
  • Lebih baik berbuat sedikit daripada tidak berbuat sama sekali : langkah awal yang kecil bisa jadi permulaan untuk langkah-langkah yang lebih besar.

Masih banyak hal baik lain yang secara tidak disadari telah diketahui oleh hati nurani. Tinggal bagaimana kita menanggapinya.

Semua kita belajar untuk menjalani hidup ini sebaik mungkin dengan variasi pilihan masing-masing. Berusahalah menjadi orang yang lebih baik dari hari ke hari. Seperti yang sering kita dengar " Hope Today is better  than yesterday, tomorrow is better than today "

Keep Spirit For Our Life ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar